Tips Memilih Web Hosting & Rekomendasi Web Hosting Terbaik

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Review Hosting Lainnya
Supaya website kamu mudah diakses kapanpun Apa saja yang dipertimbangkan dalam memilih hosting yang bagus ? Pernahkah kamu kecewa terhadap suatu penyedia web hosting?

Mungkin karena server hosting sering down dan kinerja server yang lambat atau bisa saja karena support-nya yang tidak bagus? Atau ceritanya adalah ini pertama kalinya bagi kamu menghost-kan sebuah website dan saat ini kamu sedang mencari referensi tentang apa yang biasanya orang lihat sebelum memilih suatu penyedia web host?

Apapaun cerita Anda, admin yakin kamu akan menyukai artikel ini, karena ketika kamu berhasil membacanya hingga akhir, kamu akan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih suatu peneydia web hosting.
Tips Memilih Hosting & Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia

Pertimbangan Sebelum Memilih Hosting

1. Disk Space
Pada dasarnya, hosting itu untuk menyimpan data-data pada website kamu (gambar, konten, dll). Semua hal pada website kamu itu disimpan dalam hosting Anda. Untuk itu, jangan sepelekan disk space pada layanan hosting yang akan kamu pesan.

Kalau misalnya kamu tidak memikirkan disk space pada hosting yang akan menampung website kamu dan data-data kamu melebihi kapasitas penyimpanan maksimal, maka data-data pada website kamu tidak bisa disimpan ataupun website kamu bisa down dan tidak bisa diakses.

Disk space itu sangat penting bagi website Anda. Oh iya, ada sesuatu yang penting yang perlu kamu tahu. Terkadang, banyak penyedia layanan hosting di Indonesia maupun di luar negeri memberikan disk space dengan kapasitas unlimited.

Sehebat apapun spesifikasi komputer, pasti disk space nya tidak unlimited (entah suatu saat mungkin bisa unlimited). Jadi, perlu admin luruskan tentang disk space yang unlimited. Itu sebenarnya tidak unlimited.

Tetapi, satu space penyimpanan server itu digunakan bebas untuk para penggunanya dan ketika kapasitas penyimpanan tersebut sudah akan habis, maka pihak penyedia layanan hosting akan menambahkan disk baru lagi untuk satu server komputer.


2. Bandwidth
Yang sering menggunakan internet pasti sering mendengar kata bandwidth. Apa itu bandwidth ? Intinya, bandwidth adalah jumlah data yang didownload oleh kamu dan pengunjung Anda.

Misal, bandwidth hosting yang kamu gunakan itu 1 GB tiap bulannya. Dan kamu punya 1 halaman yang kurang lebih berukuran 10 kB.

Jika ada 10 pengunjung menuju website kamu dan hanya membuka halaman itu sebanyak 2 kali dalam sehari, maka bandwidth website kamu berkurang kurang lebih sebanyak 200kB pada hari itu (10kB x 10 orang x 2).

Jika kamu menemukan layanan hosting dengan menawarkan bandwidth unlimited, itu sebenarnya tidak ada. Tidak ada bandwidth yang unlimited, yang ada itu bandwidth unmetered.

Bandwidth unmetered adalah bandwidth yang tidak diukur/dibatasi oleh pihak penyedia layanan hosting. Artinya, berapapun traffic website Anda, pihak penyedia layanan hosting tidak memperdulikan hal itu.


3. Add On Domain
Jika kamu menggunakan layanan hosting yang memiliki fitur add on domain, kamu bisa mengupload/meng-online-kan website kamu di hosting yang telah kamu pesan sebelumnya.

Intinya, add on domain adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu menggunakan 1 hosting untuk beberapa domain. Jadi, kamu tidak perlu menyewa hosting lagi untuk tempat website kamu yang baru. kamu bisa menggunakan hosting yang sama. Tetapi, risikonya cukup besar.

Jika salah satu website kamu terkena malware, maka website yang lain juga akan terkena malware atau jika salah satu website membuat load tinggi pada server, maka website lain akan bermasalah.

Lebih baik kamu menggunakan 1 hosting untuk 1 domain saja jika kamu ingin website kamu lebih stabil dan tidak mudah down.


4. Softaculous Support
Softaculous adalah sebuah fitur/software yang memudahkan kamu dalam menginstall CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll. Banyak penyedia layanan hosting di Indonesia maupun mancanegara sudah menyediakan Softaculous bagi para penggunanya.

Jika kamu menggunakan web hosting yang memiliki fitur ini, maka kamu kan lebih mudah dalam menginstall CMS dan tidak perlu konfigurasi database, dll.

Namun jika kamu mengerti database dan pemrograman, mungkin tidak masalah jika hosting kamu tidak memiliki fitur Softaculous. Tetapi, akan lebih efektif menggunakan softaculous.


5. Gratis Domain
Tentu akan repot jika kamu sudah menyewa hosting tetapi masih harus membayar untuk domain. Harganya akan lebih mahal jika kamu harus menyewa hosting yang belum dengan domain, karena kamu akan membayar untuk domain juga yang jika diakumulasikan akan lebih mahal.

Saat ini juga banyak penyedia layanan hosting yang memberikan gratis domain jika menggunakan hosting milik mereka, contohnya yang terbaik menurut admin adalah Niagahoster.

Lebih baik kamu mencari layanan web hosting yang memberikan domain gratis jika kamu menyewa hosting mereka.


6. Jumlah Akun Email
Pernahkah kamu melihat email yang kurang lebih seperti ini : admin@uhangkincai.com, contact@uhangkincai.com, dll ? Apa yang terlintas di benak kamu ketika melihat email seperti itu ?

Pasti kamu berpikir, "Profesional sekali yang punya email ini". Website besar pasti punya email yang kurang lebih seperti itu demi meningkatkan reputasi dan kepercayaan.

Sekali lagi, reputasi dan kepercayaan.

Coba bayangkan jika kamu memiliki email seperti itu, pasti orang lain akan berpikiran seperti kamu dan bisa menganggap kamu itu profesional.

Alhasil, reputasi dan kepercayaan website kamu dan kamu akan meningkat di mata orang lain. Dan bagi kamu yang menggunakan website kamu sebagai sumber penghasilan, penting bagi kamu memiliki email seperti itu.

Tentunya, kamu harus memilih penyedia layanan hosting yang menyediakan akun email dengan nama domain sendiri.


7. Jumlah Subdomain
Tips memilih hosting yang selanjutnya adalah tentang jumlah subdomain. Penyedia web hosting yang baik pasti akan menyediakan fitur untuk menambahkan subdomain seperti blog.makinrajin.com, contact.makinrajin.com, dll.


8. Gratis SSL
Memiliki website yang dilengkapi dengan fitur SSL adalah hal yang cukup penting dan didambakan para pemilik website yang serius dalam mengurus websitenya. Ciri-ciri website yang menggunakan SSL adalah diawali dengan HTTPS dan bukan HTTP.

Walaupun tidak semua pemilik website membutuhkan SSL, tetapi SSL itu termasuk salah satu hal yang penting dalam menjaga vitalitas data-data Anda.


9. Dukungan Teknis
Pada saat menggunakan hosting, pasti tidak semua orang lancar dan banyak juga yang bingung dalam melakukan konfigurasi, belum lagi kalau kamu memiliki pertanyaan seputar hosting yang akan kamu pesan, pasti lebih mudah jika ada customer services yang siap membantu pertanyaan Anda.

Bayangkan, jika kamu memiliki kendala pada hosting Anda, dan kamu berusaha mencari lewat internet tetapi kamu tidak menemukan solusinya. Itulah pentingnya peranan customer services.

Dan satu hal lagi, sebaiknya pilih layanan penyedia hosting yang memiliki customer services yang ramah dan tidak hanya menjawab dengan seadanya.


10. CPanel
Ini juga merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh kamu jika kamu menggunakan layanan web hosting manapun. Saya pernah mengupload website latihan admin di web hosting gratisan dan ternyata tidak ada cpanelnya.

Saya pun awalnya kesulitan untuk membuka file managernya. Intinya, cpanel itu penting bagi kamu karena kamu akan lebih mudah dalam mengatur website Anda.


11. Harga
Anda patut curiga jika ditawarkan harga yang sangat murah dengan fitur hosting yang cukup tinggi. Biasanya, hosting-hosting normal itu memberikan harga sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000 perbulannya untuk space yang kurang lebih 1 GB.

Tetapi ada juga yang menyediakan space yang unlimited (jika space habis maka akan ditambah oleh pihak hosting) dengan harga kisaran Rp 50.000 tiap bulannya. kamu bisa menjadikan ini sebagai patokan dalam memilih hosting.


12. Testimoni
Ketika ada sebuah produk yang dijual, pada awalnya orang pasti tidak percaya walaupun penjualnya berkata bahwa produk yang mereka jual berkualitas. Ya, mereka tidak langsung percaya karena yang berkata adalah penjual.

Beda kalau yang berkata orang lain yang pernah menggunakan produk itu sendiri. Pasti orang akan lebih percaya dibandingkan jika pemilik produk yang langsung mengatakannya.

Untuk itulah, sebelum kamu memilih hosting yang akan kamu gunakan, sebaiknya lihat dulu testimoni/kepuasan orang lain yang telah menggunakan produk tersebut.


13. Garansi
Walaupun kamu sudah yakin bahwa hosting yang kamu pilih itu cukup berkualitas dan menyediakan layanan yang baik, kamu tetap disarankan untuk mencari garansi. Karena jika sewaktu-waktu layanan hosting kamu bermasalah dan berakibat pada website Anda, kamu tidak terlalu rugi.


14. Uptime Server
Intinya, uptime server adalah kecepatan server dalam menanggapi pengunjung yang membuka website Anda. Semakin besar angka uptime servernya, semakin baik kinerja server hosting tersebut.

Saran admin sebaiknya kamu memilih hosting yang memiliki uptime server di atas 99%. Itu artinya hanya 1% tiap hari, website Anda  mengalami down. Jika dihitung, maka website kamu akan mengalami down (tidak bisa dibuka) selama 14,4 menit (60 x 24 / 100).

Uptime server yang tinggi itu penting sekali, karena jika kamu tidak peduli dengan uptime server dan kamu memilih hosting yang asal-asalan, bisa saja terjadi :
- kamu kehilangan pengunjung Anda
- Peringkat website kamu turun
- Pengunjung setia kamu akan pergi

Tentunya kamu tidak mau kan jika kejadian di atas menimpa kamu ? Untuk itulah, jangan remehkan uptime server pada layanan hosting yang akan kamu pilih.


15. Lokasi Server
Logikanya, jika pengunjung membuka website kamu dengan server yang jaraknya cukup dekat dengan mereka, pasti waktu responnya akan lebih cepat jika dibandingkan lokasi server website kamu yang jauh dari pengunjung.

Sebelum menentukan lokasi server, kamu perlu menganalisis target pasar (pengunjung) kamu berasal dari daerah mana. Misalnya pengunjung kebanyakan dari daerah Indonesia, maka kamu bisa menggunakan server dari Singapore.

Kualitas server di Singapore ini tak kalah dengan server di negara maju lainnya seperti Amerika Serikat. Kualitas server Singapore bisa dibilang jauh lebih baik dibandingkan kualitas server lokal (Indonesia).


16. Upgradable dan Downgradable
Anda bisa mengubah spesifikasi hosting yang kamu gunakan ketika akan memasuki masa kadaluarsa (expired). Dengan begitu, website kamu tidak sering down (karena spesifikasi hosting yang kurang) tanpa membuang-buang uang yang tidak perlu untuk dibuang (karena spesifikasi hosting yang terlalu tinggi).


17. Layanan Backup dan Restore
Website kamu termasuk sistem dan sewaktu-waktu bisa diserang oleh orang-orang jahat (hacker) sehingga bukan tidak mungkin data-data yang telah kamu buat sebelumnya bisa hilang tak bersisa.

Untuk itulah sangat penting bagi kamu untuk membackup data-data website kamu sehingga tidak hilang sia-sia. Sangat penting bagi kamu untuk memilih layanan hosting dengan fitur backup dan restore.


Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia, Baca disini : Web Hosting Terbaik

Penelusuran terkait Review Hosting

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama