Tutorial Lengkap Pengguna VPS Untuk Pemula

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Tutorial VPS Lainnya
menggunakan vps




Apa itu Vps?

Sebelum admin membahas tentang cara menggunakan VPS ini alangkah baiknya jika kita sedikit berkenalan dulu dengan yang namanya VPS. Peribahasa indonesia mengatakan tak kenal maka tak sayang, begitupun VPS bagaimana kamu bisa menyayangi dan mempelajarinya kalo kamu saja tidak kenal dengan VPS itu sendiri, tidak tahu apa dan untuk apa gunanya VPS itu sendiri.


Saya tahu beberapa dari kamu mungkin merasa sangat asing dengan virtual private server atau biasa dikenal dengan istilah VPS. Oleh karenanya, admin mencoba sedikit menjelaskan tentang VPS ini secara sederhana. Menurut hemat saya, VPS adalah sebuah server yang sifatnya virtual yang dapat kita gunakan full time 24 jam penuh. Sebuah server tentu saja memiliki spesifikasi seperti ram, harddisk, cpu dan lain sebagainya. Bahasa mudahnya adalah kamu memiliki komputer virtual.

Karena sifatnya yang virtual tentu muncul pertanyaan, sebenarnya lokasinya dimana?. Untuk menjawab hal ini coba kamu  perhatikan jika kamu ingin order atau bahasa yang lebih tepatnya sewa sebuah VPS biasanya kamu disuguhi pilihan lokasi yang kamu inginkan seperti Singapore, London, Washington, New York, Atlanta, Seattle, Netherland, Japan dan lain sebagainya tergantung si penyedia VPS itu mempunya servernya dimana saja.

Lalu, kapan seseorang membutuhkan VPS?
Pernahkah kamu membayangkan untuk dapat membuat akun ssh dan VPN sendiri kemudian menjualnya ke orang lain atau pernahkah kamu berkeinginan membuat website sendiri, memiliki email dengan domain sendiri, memiliki proxy sendiri untuk membuka blokir situs-situs tertentu misalnya atau membuat torrent leech untuk mendownload file-file dari torrent dengan super fast atau hal lainnya yang semuanya itu hanya bisa dilakukan melalui VPS?
Jika kamu pernah menginginkan salah satunya saja, berarti saat itulah kamu sudah membutuhkan VPS.


Fungsi dan Kegunaan VPS

Dari pemaparan yang cukup panjang diatas tentu kamu sudah memiliki sedikit gambaran tentang VPS dan kegunaan atau fungsi VPS itu sendiri. Kegunaan VPS sebenarnya tergantung kamu ingin menggunakannya untuk apa, admin rasa kamu mengerti apa yang admin maksud. Di atas admin jelaskan bahwa VPS itu seperti halnya kamu memiliki komputer sendiri, artinya tentu saja kamu diberikan kebebasan menggunakan komputer tersebut untuk apa, mau menginstal aplikasi apa saja dan siapa saja yang boleh mengakses komputer tersebut. Namun demikian kamu tetap harus memperhatikan T.O.S dari penyedia VPS.
Berikut adalah beberapa fungsi dan kegunaan VPS yang biasa admin manfaatkan :
  • Tunneling
  • Mail Server
  • Web Server
  • Hosting
  • Proxy
  • Transmission
  • Encoding
  • VPN
  • Forex
Sebenarnya fungsi dan kegunaan VPS bisa saja kamu gantikan dengan server yang nyata, yang kamu buat atau kamu miliki sendiri. Hanya saja VPS memiliki kelebihan tersendiri, seperti lebih mudah dan simple, tidak perlu perawatan (karena perawatan server VPS sudah dilakukan oleh pemilik atau seller VPS), tidak perlu berlangganan data internet lagi untuk membuat server kamu bisa online, tidak perlu membayar biaya listrik dan tentu saja kamu tidak perlu lagi membeli perangkat keras dan lunak (hardware dan software) yang pastinya hal ini dapat menekan biaya yang harus kamu keluarkan.

 

Cara Menggunakan VPS

Jika kamu sudah melakukan transaksi atau menyewa sebuah vps hal yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa detail VPS anda, baik itu IP maupun password yang diberikan. Jika kamu belum menyewa vps dan perlu panduan silahkan kamu baca postingan admin tentang cara membuat vps digitalocean atau baca juga cara mendapatkan VPS gratis digitalocean untuk anda yang ingin mendapatkan layanan VPS digitalocean secara cuma-cuma.

Apabila kamu menyewa VPS linux dan komputer atau laptop kamu menggunakan sistem operasi windows, kamu dapat mendownload terlebih dahulu aplikasi ssh client seperti putty, jika kamu menggunakan linux admin rasa kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun karena di linux biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi ssh client.

Berikut adalah panduan cara menggunakan putty pada sistem operasi windows :
Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di websitenya Putty pastikan kamu terhubung dengan koneksi internet.

Buka aplikasi putty dan silahkan masukan IP VPS anda, port biarkan default 22. Klik open untuk melanjutkan,
cara menggunakan putty


Selanjutnya akan muncul permintaan login silahkan masukan saja root dan enter.
cara setting putty


Setelah enter nanti akan ada permintaan password silahkan kamu isikan sesuai dengan password yang dikasih pihak penyedia VPS. Password tidak akan muncul pada saat kamu ketik. Jika sudah yakin benar dan lengkap silahkan enter.
belajar putty


Anda bisa melakukan pengaturan apapun disini, admin coba update terlebih dahulu dengan apt-get update (debian) untuk centos silahkan update dengan perintah yum update.
cara memakai vps


Demikian cara menggunakan VPS dengan aplikasi putty untuk sistem operasi windows. Selain putty, kamu juga dapat menggunakan SSH Client lain seperti kitty dan lain-lain. Jika kamu menggunakan max os, silahkan gunakan openSSH macOS X.

Penelusuran terkait Tutorial VPS

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama