Cara Menggunakan CCleaner di Windows

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Tutorial Windows Lainnya
Sekarang ini, teknologi sudah semakin berkembang luar biasa canggih. Mengingat hal tersebut, maka tempat penyimpanan komputer juga semakin besar. Jadi tidak heran apabila kamu sebagai pengguna dapat menyimpan banyak berkas, melakukan install banyak aplikasi, melakukan banyak pekerjaan, dan yang lainnya. Hal tersebut tidak akan terlepas dari yang namanya file sampah yang menumpuk, entah itu berupa file sementara atau tidak.
Cara Menggunakan CCleaner di Windows

Salah satu cara untuk mengatasi semua itu yaitu dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Adapun kegunaan dari aplikasi CCleaner yaitu untuk membersihkan berbagai file-file sampah yang berada di komputer.

Meskipun fitur yang dimilikinya tidak hanya sebagai pembersih saja. Tetapi untuk fitur pembersih sampah pada aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat populer. Adapun fitur utama yang terdapat pada aplikasi CCleaner ini yaitu sebagai pembersih, kemudian juga membersihkan registry, uninstall aplikasi, mematikan program auto-start, pemulih sistem, penyapu drive, dan lain sebagainya.

CCleaner merupakan aplikasi nomor satu dalam membersihkan PC atau laptop. Dengan begitu, maka komputer yang berjalan lambat dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi CCleaner ini kompatibel pada Windows XP, Vista, 7, 8.1, dan 10. Selain itu, aplikasi CCleaner ini dapat juga dijalankan pada versi komputer 32-bit dan 64-bit.
Aplikasi CCleaner ini diketahui terdiri dari dua versi yaitu CCleaner Free alias gratis dan CCleaner Professional alias versi berbayar. Berikut ini merupakan beberapa cara menggunakan CCleaner di Windows.

Download dan Install Aplikasi CCleaner

  • Download aplikasi CCleaner pada situs resmi Ccleaner yaitu di www.ccleaner.com kemudian  klik Free Download untuk versi CCleaner yang gratis.
  • Setelah itu silakan pilih tombol Download pada bagian CCleaner Free.
  • Selanjutnya pilih CCleaner.com untuk memulai men-download.
  • Setelah aplikasi berhasil di download, maka silakan install aplikasi seperti install aplikasi biasanya.
  • Selanjutnya itu klik install kemudian ikuti saja langkah untuk menginstall CCleaner hingga selesai.

Membuka Aplikasi CCleaner

Setelah aplikasi terinstall, maka silakan kamu buka aplikasi tersebut dengan klik start atau search di taskbar. Kemudian ketik CCleaner, selanjutnya klik desktop app CCleaner.

Konfigurasi CCleaner

Sebelum kamu melakukan tahap pembersihan, uninstall app, dan yang lainnya, sebaiknya atur terlebih dahulu konfigurasi CCleaner pada komputer Anda.
  • ·         Pilihlah menu Pilihan kemudian pilih Setelan lalu silakan lakukan konfigurasi terhadap setelan dasar guna mengontrol bagaimana CCleaner berfungsi.
  • ·         Disini kamu dapat memilih bahasa yang kamu inginkan yaitu tiga otoritas dasar CCleaner, mengatur cara kerja CCleaner menghapus aman dan juga sapu ruang bebas drive.

Membersihkan File Sementara

  • Pilihlah menu Pembersih kemudian pilih tabWindows dan silakan pilih atau ceklis bagian mana saja yang ingin kamu hapus.
  • Setelah itu pilih tab Aplikasi CCleanerdan silakan pilih atau ceklis bagian mana saja yang ingin kamu hapus.
  • Jika kamu telah selesai memilih file mana saja yang ingin dihapus, maka silakan klik Analisa untuk melihat detail file yang akan dihapus.
  • Setelah selesai melakukan analisa, maka silakan pilih Jalankan CCleaner untuk mulai menghapus file sementara.
  • Setelah itu akan tampil dialog konfirmasi, silakan klik Lanjutkan.
  • Tunggulah sampai proses pembersihan selesai dengan tulisan Cleaning Completed.


Inilah beberapa tahapan menggunakan CCleaner di Windows. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Banyaknya file yang menumpuk sebagai sampai akan menghambat kinerja dari komputer ataupun laptop Anda. Maka dari itu rutinlah melakukan pembersihan pada komputer Anda.

Penelusuran terkait Tutorial Windows

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama