Cara Mudah Membuat File Batch (BAT) di Windows

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Tutorial Windows Lainnya
Cara Jitu Membuat File Batch (BAT) di Windows, Ternyata Mudah! Batch file adalah sebuah file yang berisi baris perintah kode. Sebuah baris yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan sesuai dengan source code yang telah disimpan. Pada intinya, batch file ini biasanya digunakan untuk memulai menggunakan program maupun menjalankan utilitas.
Membuat File Batch (BAT) di Windows

Seperti namanya, maka format atau ekstensi yang dihasilkan oleh file batch ini yaitu bat. Dengan adanya batch file, maka pekerjaan rutin kamu dapat diatasi oleh file ini. Tentunya dengan source code yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu jalankan. Dengan demikian, kamu sebagai pengguna dapat menghemat waktu dan tenaga sekaligus. Sehingga, semua pekerjaan lebih efisien.

Berikut ini merupakan cara membuat file batch (BAT) di Windows.
  • Langkah pertama membuat file batch, maka silakan buka aplikasi notepad maupun aplikasi text editor lainnya. Caranya yaitu silakan kamu pilih ikon search pada taskbar kemudian ketik notepad selanjutnya pilih aplikasi notepad.
  • Setelah notepad terbuka, maka silakan ketik code atau baris perintah sesuai dengan kebutuhan Anda. Kali ini, akan dibuat file batch untuk menampilkan sebuah tulisan, membuka aplikasi, membuka website serta melakukan ping terhadap DNS google yang setiap hari kamu buka dan kamu gunakan.
  • Jika code tersebut telah selesai dibuat, maka silakan simpan file batch dengan cara tekan Ctrl + S atau klik File kemudian pilih Save. Setelah itu, isilah nama file kemudian tambahkan di ujung nama dengan format .bat > setelah itu klik Save untuk menyimpan file batch yang telah dibuat.
  • Jika kamu ingin menjalankannya, maka silakan klik dua kali pada file batch yang telah kamu buat. Maka file batch akan melakukan semua perintah sesuai dengan code yang kamu buat. FIle batch itu akan mengerjakan perintah satu per satu dari code yang paling atas.
  • Meskipun file ini mengerjakan satu per satu perintah, namun ia akan selalu mengerjakan perintah ini dengan sangat cepat. Dikerjakan sepersekian detik saja untuk mengerjakan semua perintah yang kamu berikan. Jika kamu ingin terdapat jeda sebelum perintah Anda, maka tambahkan code pause untuk membuat perintah tersebut berhenti sejenak.
  • Ini merupakan hasil dari echo yaitu menampilkan sebuah tulisan di command prompt. Karena tadi dibuat code pause setelah pekerjaan pertama, maka kamu harus menekan tombol apa pun di keyboard untuk melanjutkan.
  • Kemudian masukkan kembali file batch code start winword yaitu code untuk memulai ataupun membuka aplikasi Microsoft Word.
  • Selanjutnya yaitu klik code start “” di mana code tersebut kamu gunakan untuk memulai atau membuka website yang kamu minta.
  • Kemudian code ping 8.8.8.8 ini untuk ping DNS Google.

Inilah cara membuat file batch (BAT) di Windows. Sebaiknya, kamu masukkan code atau baris perintah yang benar-benar ingin kamu gunakan dan juga bermanfaat.

Dalam konteks ini, sebaiknya kamu jangan membuat file batch yang dapat merugikan kamu maupun orang lain. Gunakanlah file batch ini sebagai otomatisasi terhadap semua kegiatan rutin sehari-hari Anda. Sehingga waktu dan tenaga dapat kamu hemat seefisien mungkin.

Inilah ulasan mengenai cara membuat file batch (BAT) di Windows. Semoga dengan ulasan artikel ini cukup bermanfaat untuk Anda. Pelajarilah dengan perlahan dan teliti cara membuat file batch ini. Karena nantinya akan mempermudah semua pekerjaan Anda.

Penelusuran terkait Tutorial Windows

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama