Cara Screenshot Layar Laptop / PC dengan FastStone

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Tutorial Windows Lainnya
Mengambil gambar tangkapan layar dari komputer laptop maupun pc atau kita kenal sebagai Screenshot sangatlah mudah. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, sebenarnya tak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot.
Cara Screenshot di Laptop
Karena Windows sendiri sudah memberikan fitur screenshot dengan menggunakan tombol PrtSc SysRq ( Print Screen ) pada keyboard anda. Dan kamu tinggal membuka aplikasi editor photo seperti photoshop atau paint bawaan windows, setelah jendela editor muncul tinggal Paste menggunakan CTRL + V.
Cara Screenshot di Komputer

Walau Windows sudah menyediakan fitur tangkapan gambar layar ( screenshot ), hanya saja fitur tersebut hanya bisa mengambil full screen .Maka dari itu banyak pengguna yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi software pihak ketiga yang kami rekomendasikan buat kalian iyalah FastStone Capture.

FastStone Capture merupakan aplikasi software penangkap gambar layar komputer yang menyediakan beragam fitur secara lengkap yang di buat oleh FastStone Soft. Aplikasi ini bisa berjalan di system operasi windows vista , xp , 7 ,8 dan windows 10. Saat membuka FastStone Capture akan membuka jendela yang sangat kecil . fiturnya mulai dari kiri ke kanan antara lain sebagai berikut :
Cara Screenshot di PC
  • Open File in Editor : Membuka file gambar yang sudah ada untuk di edit di editor FastStone
  • Capture Active Window (Alt + PrtSc )  : Mengambil screenshot jendela aplikasi yang di buka
  • Capture Window / Object (Shift + PrtSc) : Mengambil screenshot sebagian jendela aplikasi yang di buka
  • Capture Rectangular Region (Ctrl+PrtSc) : Mengambil screenshot secara bebas berbentuk kotak
  • Capture Freehand Region (Ctrl+ Shift+ PrtSc) : Mengambil screenshot secara bebas menggunakan arahan mouse
  • Capture FullScreen (PrtSc) : Mengambil screenshot layar penuh dekstop
  • Capture Scrolling Window (Ctrl + Alt + PrtSc) : Mengambil screenshot pada bagian mulai dari atas hingga bawah yang sebelumnya tak terlihat oleh dekstop . Cocok untuk mengambil screenshot panjang.
  • Capture Fixed Size Region (Ctrl + Shift +Alt + PrtSc) : mengambil screenshot dengan ukuran pixel secara pasti , jika default pada faststone adalah 400x300 pixel
  • Screen Recorder : Merekam layar dalam bentuk video

Cara Screenshot Layar Laptop / PC
  • Delay Before Capture : Memberi jeda waktu untuk mengambil screenshot setalah tombol di tekan
  • Output Editor :Penyimpanan screenshot setelah di ambil , kamu bisa memilih diolah ke editor faststone, ke word, excel, mail, printer, atau langsung disimpan kelokasi yang sudah ditentukan di setting
  • Setting : Pengaturan Faststone capture

Aplikasi ini berukuran sangat kecil tentunya sangat ringan digunakan dikomputer kamu yang tidak akan membebani kinerja komputer. Faststone Capture sendiri memiliki masa trial hingga 30 hari. Dan jika ingin membeli kamu bisa mendapatkan lisensi seharga $19.95 untuk lisensi seumur hidup .

Penelusuran terkait Tutorial Windows

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama