Contoh dan Tujuan Big Data dari Berbagai Bidang dan Bisnis

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Big Data Lainnya
Contoh Serta Tujuan Big Data dari Berbagai Bidang dan Bisnis | Bagi rekans yang sedang mempelajari Big Data seperti saya, tentunya setelah kita mengetahui pengertian big data, maka kita ingin tahu apa-apa saja manfaat big data yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Karena jangan sampai kita mempelajari sesuatu yang ternyata tidak ada manfaat ataupun tidak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik oleh perusahaan/bisnis, pemerintah atau lembaga lainnya.
Contoh Big Data, Tujuan Big Data dari Berbagai Bidang dan Bisnis : Contoh manfaat big data
Bagi rekan yang belum mengerti apa itu big data? akan lebih baik membaca terlebih dahulu artikel yang membahas tentang Definisi big data.

Baik tanpa basa-basi lagi mari admin tunjukkan apa saja Contoh Serta Tujuan Big Data dari Berbagai Bidang dan Bisnis.


Contoh & Tujuan Big Data dari Berbagai Bidang dan Bisnis :

  • Perusahaan ritel dapat menggunakan informasi dari social media seperti Facebook, Twitter, Google+ untuk menganalisis bagaimana perilaku, persepsi pelanggan terhadap suatu produk atau brand dari perusahan.
  • Perusahan manufaktur dapat memantau kondisi peralatan setiap saat (real-time), sehingga dapat memperkirakan waktu terbaik untuk mengganti peralatan. Karena mengganti terlalu cepat akan merugikan/buang-buang uang atau kalau terlambat akan menyebabkan produksi terganggu karena kerusakan peralatan.
  • Perusahaan manufaktur juga bisa memantau produk yang baru launching melalui social sedia untuk mengetahui apakah ada isu after-sales sehingga dapat mencegah kegagalan garansi yang menyebabkan publikasi besar yang dapat merusak citra produk dan perusahaan. 
  • Perusahaan periklanan dapat menggunakan informasi dari social media untuk mengetahui tanggapan terhadap promosi/iklan yang baru diluncurkan.
  • Rumah sakit dapat merekam catatan medis pasien sehingga big data tersebut bisa digunakan untuk menganalisis kecenderungan sakit pasien
  • Pemerintahan dapat menggunakan informasi dari social media untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah
  • Jasa Keuangan dapat menggunakan analisis big data untuk melihat aplikasi asuransi yang dapat segera diproses, dan mana yang perlu divalidasi dengan dilakukan kunjungan oleh agen asuransi
  • Jasa Perbankan dapat menggunakan rekaman transaksi nasabah untuk mengetahui kemungkinan adanya kegiatan kejahatan seperti pencucian uang, atau juga untuk merekam catatan kebiasaan karyawan dalam rangka mendeteksi kemungkinan fraud.
  • Tim olahraga dapat menggunakan big data untuk tracking penjualan tiket, mengetahui kondisi pemain dan probabilitas akan mengalami cedera dan bahkan strategi bermain dari tim.

Kesimpulan :
Ternyata banyak sekali contoh penggunaan big bata di berbagai bidang dengan melakukan analisis terhadap big data tersebut, baik itu di bidang pemerintahan,olahraga ataupun bisnis seperti untuk marketing, after-sales garansi sales, mempelajari perilaku mesin, dan sebagainya. Jadi semakin semangat untuk mempelajari Big Data.
Tag : Analisis big data, Definisi big data, Contoh Big Data, Tujuan Big Data.

Penelusuran terkait Big Data

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama